Kamis, Juli 17

0
CANTIK TANPA JERAWAT

Kamis, Juli 17

Share this history on :


TAMPIL cantik adalah harapan semua perempuan. Karena itulah, perempuan mencari dan mencoba berbagai cara, baik tradisional maupun modern. Satu dari sekian banyak cara modern itu adalah flash. Teknik ini bisa menghilangkan bulu-bulu yang mengganggu (hair removal), mengilangkan jerawat (acne clearance), dan meremajakan kulit (skin rejuvenating). Anda tertarik mencobanya?

Teknik perawatan ini menggunakan metode LHE (Light Head Energy). Melalui panas dan cahaya, bulu-bulu yang mengganggu dan jerawat bisa dihilangkan. Metode ini pun bermanfaat bagi peremajaan kulit. "Metode ini adalah metode terbaru dan hasilnya lebih baik dari waxing. Waxing biasanya berdampak memperbesar pori-pori dan merusak jaringan kulit. Tapi flash justru tampak efek samping," ujar dr Mieristika Rooselani dari DuraSkin.

Hilangkan bulu-bulu
Dengan teknologi photo thermolysis (energi panas dan cahaya), akar rambut (hair follicle) rusak sehingga menghambat proses alami pertumbuhan rambut. Untuk menghilangkan bulu dan merusak akar rambut, jelas dokter yang akrab disapa dr Risty ini, LHE mengirimkan cahaya dengan panjang gelombang tertentu.
Secara tepat cahaya akan dipancarkan dan menembus jaringan kulit. Cahaya yang menghasilkan panas dan diteruskan secara efektif mencapai target melanin pada helai rambut dan meningkatkan temperatur pada folikel rambut. Akar rambut akan pecah sehingga rambut tak lagi tumbuh.

"Treatment dengan metode ini tidak menyakitkan, tidak seperti gel kimia, atau pun waxing. Sebelum perawatan, daerah yang akan dihilangkan bulunya diolesi dulu dengan cream penghilang rasa sakit," tambahnya.

LHE bukanlah metode yang invasif, sehingga tak akan muncul infeksi atau alergi. Hasil treatment ini tergantung pada setiap individu dan luas area yang diinginkan. Jadwal perawatannya pun berdasarkan siklus pertumbuhan natural bulu. Pada area tubuh seperti bikini line, legs atau underarms (ketiak) dibutuhkan 6-8 kali treatment dengan jarak 1 minggu setiap treatment. Pada daerah sekitar dada dan punggung diperlukan sebanyak 8-10 kali treatment. Demikian pun untuk muka (kumis dan jambang). Treatment diperlukan waktu 30-45 menit dan tergantung pada area tubuh yang akan dirawat.
Hilangkan jerawat
"Metode ini dapat menghilangkan jerawat yang membandel di wajah," lanjut dr Risty. Jerawat berasal dari kulit wajah yang berminyak sehingga memproduksi sebum secara berlebihan. Terlalu banyak sebum bisa menyumbat pori-pori kulit wajah sehingga timbul jerawat (black and white). Ada beberapa faktor pemicu timbulnya jerawat, yakni genetika atau keturunan, usia, jenis kelamin, cuaca yang panas, makanan, hormonal, kejiwaan, infeksi kuman jerawat, mekanik dan kosmetika.

Jerawat cenderung terjadi pada remaja dan selama masa puber, persisnya pada usia 14-17 tahun untuk anak perempuan dan 16-19 tahun untuk anak laki-laki. Itu karena kelenjar minyak atau sebasea pada kulit lebih aktif dan memproduksi sebum yang berlebihan. Masalah yang muncul pada usia ini adalah bintik atau komedo, seperti whitehead atau blackhead. Tapi jarang sekali meradang. Peradangan baru terjadi kalau ada bakteri di dalam kulit dan terinfeksi, sehingga muncul abses.

Ada dua jenis pengobatan terhadap jerawat, yakni dari dalam dan luar. Pengobatan dari luar biasanya berupa salep yang mengandung antibiotik (eritromisin dan klindamicin), keratilitik (resolsinol, asam silisat, tretinoin, glicolic acid dan sulfur) dan antiradang (kortikosteroid dan triamsolon asetonid). Sedangkan pengobatan dari dalam biasanya berupa antibiotik (tetrasiklin, eritromisin, doksisiklin dan ciprofloksasin), hormonal (etinil estradiol dan siproteron asetat). Apabila belum ada hasil, harus mengkonsumsi vitamin A dan isotretioin.

Selain itu, ada teknik terbaru untuk mengatasi masalah ini. Flash. Dengan alat yang dilengkapi phototheraphy system yang menggunakan energi cahaya dan panas, molekul porphyrin yang dihasilkan kuman-kuman jerawat disinari. Karena cahaya dan panas, molekul ini mati dan jerawat mengering. Tapi tidak ada bekas.

Peremajaan Kulit
Teknik perawatan ini bisa membuat kulit terlihat muda dengan mengurangi kerutan-kerutan yang ada di daerah tertentu. Dengan teknologi photo thermolysis (energi cahaya dan panas), pigmentasi, spider vein (pembuluh darah yang melebar pada wajah), garis-garis penuaan atau wrinkle, dapat diatasi sehingga kulit tampak lebih muda.

"Awalnya banyak yang takut karena proses ini mengeluarkan energi panas. Tapi lama-kelamaan ketagihan juga karena hasilnya yang sangat memuaskan," kata dr Risty. Proses treatment ini berlangsung selama 60 menit. Untuk hasil yang memuaskan, sebaiknya dilakukan 3-4 minggu sekali. (Oz)


0 comments:

Posting Komentar

 

ADVERTISEMENTS

Subscribe Archive News

Segera konfirmasi email anda agar saya bisa mengirimkan Artikel terbaru gratis ke email anda.

Arhive News Merupakan Sebuah Blog Yang dibuat oleh SIAF, tujuannya adalah ingin berbagi informasi terbaru di dunia online, jangan lupa tinggalkan kesan pesan anda di blog sederhana ini salam hangat dari saya.