Senin, September 15

0
Sehat berpuasa bagi penderita Maag

Senin, September 15

Share this history on :


Bagi Anda penderita maag, tidak perlu khawatir kalau maag akan kambuh karena berpuasa. Terutama bagi penderita maag fungsional, berpuasa justru sangat dianjurkan. Puasa berarti mengistirahatkan saluran pencernaan (usus) beserta enzim dan hormon yang biasanya bekerja untuk mencerna makanan secara terus menerus selama kurang lebih 18 jam. Dengan berpuasa, organ vital ini dapat beristirahat selama 14 jam.

Untuk diketahui, ada dua jenis maag. Pertama, sakit maag fungsional yang apabila diteropong saluran cerna atas atau endoskopi, tidak didapati kelainan secara anatomis. Kedua, maag organik yaitu kelainan secara anatomi misal luka dalam pada lambung dan usus dua belas jari, polip pada kerongkongan, dan lambung, serta kanker pada organ pencernaan tersebut. Untuk maag organik, tetap bisa berpuasa jika sakit lambungnya diobati.


Bagaimana tip aman berpuasa bagi penderita maag?
1. Lakukan puasa secara bertahap. Misal, hari pertama setengah hari terlebih dahulu, dan baru kemudian sampai sehari penuh.
2. Hindari beberapa sumber karbohidrat yang mengandung gas seperti beras ketan, mie, bihun, bulgur, jagung, ubi, dan singkong.
3. Kurangi cemilan yang mengganggu percernaan saat berbuka ataupun sahur. Seperti yang terlalu asam maupun terlalu pedas.
4. Hindari makanan yang mengandung gas, seperti nangka, pisang, kol, sawi, dan sebagainya.
5. Hindari makanan yang memperlambat pengosongan lambung atau meningkatkan asam lambung seperti kopi, cokelat, keju, minuman bersoda, dan alkohol.
6. Hindari makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah yang membuat naiknya cairan lambung ke kerongkongan, contoh makanan tinggi lemak ataupun gorengan.
7. Berbukalah dengan makanan yang mudah dicerna terutama berasal dari jenis karbohidrat dengan jumlah secukupnya.
8. Bila perlu, minum obat maag sebelum sahur.
(ind/kez)

creditfoto:Ozone



0 comments:

Posting Komentar

 

ADVERTISEMENTS

Subscribe Archive News

Segera konfirmasi email anda agar saya bisa mengirimkan Artikel terbaru gratis ke email anda.

Arhive News Merupakan Sebuah Blog Yang dibuat oleh SIAF, tujuannya adalah ingin berbagi informasi terbaru di dunia online, jangan lupa tinggalkan kesan pesan anda di blog sederhana ini salam hangat dari saya.