Jumat, September 26

0
Tips Membeli Laptop

Jumat, September 26

Share this history on :


Jika dulu laptop merupakan barang yang mewah dan sulit dijangkau, kini laptop sepertinya sudah menjadi suatu kebutuhan hidup. Di satu sisi, produsen cukup cepat membaca perkembangan laptop di pasaran, sehingga kini sudah terdapat berbagai macam tipe laptop, dari mulai yang standard ke tipe tablet PC, juga mini laptop atau netbook. Namun, di sisi konsumen, semakin diuntungkan dengan banyaknya pilihan laptop, sekaligus juga membingungkan ketika akan memilihnya. Berikut beberapa langkah yang dapat dijadikan pegangan sebelum membeli laptop :

Tentukan tujuannya
Untuk apa laptop yang nantinya akan Anda beli? Untuk pekerjaan kantor? Tugas sekolah atau kuliah? Atau sekedar browsing Internet? Atau bahkan untuk dihadiahkan ke teman, anak, suami, atau istri Anda? Atau hanya digunakan untuk bermain game?

Misalkan, Anda atau anak Anda ingin membeli laptop untuk bermain game, maka Anda memerlukan kartu grafis dengan kapasitas yang cukup memadai, dan sesuai dengan kemampuannya. Jangan membeli laptop dengan kartu grafis yang ‘on board’ meskipun dari segi spesifikasi cukup menggiurkan, karena kemampuan kartu grafis ‘on board’ jauh di bawah kartu grafis yang add on. Semakin bagus kartu grafis, semakin mahal pula harganya, sehingga Anda perlu memperhitungkan budget-nya. Jika laptop tidak untuk bermain game atau misalkan untuk pekerjaan kantor, Internet atau edit video, maka yang Anda perlukan bukan kartu grafis yang bagus, tetapi harga laptop yang cukup murah.


Cermati Pemilihan Hardware
Pada langkah ini, Anda harus memutuskan seberapa cepat sistem laptop yang Anda inginkan. Hal ini penting, karena jika Anda salah dalam menentukan pilihan maka Anda tidak akan bisa mengganti bagian dalam laptop yang sudah dibeli. Selain itu, Anda perlu memikirkan mengenai komponen motherboard di dalam laptop, termasuk tipe processor, RAM, fasilitas, slot yang ada, baik on board ataupun add on, juga tipe chipset. Mungkin Anda perlu memikirkan spesifikasi laptop sesuai dengan kebutuhan program yang akan dijalankan.

bersambung.



0 comments:

Posting Komentar

 

ADVERTISEMENTS

Subscribe Archive News

Segera konfirmasi email anda agar saya bisa mengirimkan Artikel terbaru gratis ke email anda.

Arhive News Merupakan Sebuah Blog Yang dibuat oleh SIAF, tujuannya adalah ingin berbagi informasi terbaru di dunia online, jangan lupa tinggalkan kesan pesan anda di blog sederhana ini salam hangat dari saya.