Senin, Januari 11

0
Pentingnya "Bed Rest"?

Senin, Januari 11

Share this history on :

Bed rest adalah upaya mengurangi aktivitas dengan beristirahat di tempat tidur. Umumnya dokter akan memberi petunjuk, apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama bed rest. Semua itu, tentunya bergantung pada penyakit yang diderita.

Ada bermacam-macam katagori bed rest. Ada yang memang benar-benar harus beristirahat di tempat tidur dan tidak boleh melakukan aktivitas apa pun. Ada yang diizinkan untuk ke kamar mandi sendiri. Bahkan, ada yang hanya diminta untuk mengurangi aktivitasnya dan hanya beristirahat di tempat tidur dalam periode yang lebih singkat.

Alasan Bed Rest
1. Inkompetensi serviks atau ketidaksanggupan mulut rahim menahan janin.

Kalau janin telanjur besar dan inkompetensi terlambat dideteksi, biasanya ibu hamil diminta melakukan bed rest total hingga masa persalinan.
2. Adanya vlek yang disertai rasa mulas pada saat usia kehamilan muda.

Vlek yang berlanjut ke perdarahan yang mengucur deras, dapat dijadikan indikasi janin akan gugur. Diharapkan dengan bed rest maka aliran darah ke dalam rahim akan semakin baik sehingga perdarahan jadi berkurang dan ari-ari menempel kembali.

3. Ketuban pecah.

Untuk mencegah agar jumlah cairan ketuban yang keluar tidak lebih banyak, perlu dilakukan bed rest. Dengan demikian, lapisan kantung yang sebelumnya terbuka pun akan menutup kembali. Cairan ketuban akan dibentuk kembali oleh amnion (kantong ketuban), sehingga janin bisa tumbuh lebih "matang" lagi.

4. Preeklamsia atau keracunan kehamilan.

Penyakit ini hanya terjadi pada wanita hamil. Umumnya terjadi pada trimester ketiga kehamilan. Ada beberapa kehamilan yang berisiko terkena gangguan ini, yaitu kehamilan pertama, kehamilan bayi kembar, kehamilan dengan diabetes, kehamilan pada ibu yang memiliki riwayat hipertensi sebelum hamil, dan ibu yang memiliki masalah dengan ginjalnya, serta hamil pertama kali di bawah usia 20 tahun atau di atas 35 tahun.

Istirahat total bertujuan mengurangi kerja jantung ibu karena aktivitas yang meningkat akan meningkatkan tekanan darah. Suplai darah ke rahim pun lebih terjaga kecukupannya. Berbaringlah menghadap ke sebelah kiri untuk meningkatkan aliran darah pada janin.

5. Penderita migren.

Cukup dengan bed rest atau tidur di tempat tidur sambil memejamkan mata, dapat mengurangi sakit kepala yang diderita.

6. Masa pemulihan.

Umumnya setelah mendapat tindakan operasi, pasien diwajibkan untuk beristirahat di tempat tidur. Lamanya dan jenis bed rest yang harus dilakukan sangat bergantung pada kondisi penderita.

Keuntungan Bagi Wanita Hamil
Bed rest memang berdampak pada kegiatan rutin sehari-hari yang dilakukan, terutama karena dengan demikian ibu tak bisa leluasa lagi melakukan kegiatan. Mengacu pada metode Mayo Clinic, ada tiga keuntungan yang dapat diraih dengan bed rest:

1. Mengurangi tekanan pada janin.

Istirahat di tempat tidur dapat mengurangi tekanan terhadap janin. Tekanan pada rahim ini dapat ditimbulkan oleh kontraksi, awal keguguran, dan perdarahan.

2. Menambah oksigen dan nutrisi untuk janin.

Bed rest dapat melancarkan aliran darah ke plasenta. Dengan begitu janin akan mendapatkan oksigen dan nutrisi dengan lebih maksimal.

3. Memperbaiki fungsi kerja organ-organ pada tubuh.
Bed rest membantu organ-organ ibu untuk dapat bekerja lebih efektif. Misalnya, dapat membantu jantung dan ginjal agar berfungsi dengan baik sehingga membantu menurunkan tekanan darah.

Waktu
Lamanya waktu bed rest sangat bergantung pada kondisi penyakit yang diderita. Jangan ragu untuk bertanya pada dokter yang bersangkutan. Lamanya waktu bed rest pada masing-masing orang berbeda. Ada yang perlu waktu sepanjang kehamilan atau hanya pada kondisi tertentu.

Mengetahui lamanya waktu bed rest sangatlah penting karena berkaitan dengan aktivitas Anda sehari-hari. Dengan mengetahui waktu yang dibutuhkan, Anda dapat mendelegasikan pekerjaan rumah tangga, mengurus anak-anak, dan pekerjaan kantor.

Tak ada salahnya juga mengecek asuransi yang Anda ikuti. Apakah kondisi istrirahat yang mungkin dilakukan selama kehamilan akan ditanggung atau tidak.


0 comments:

Posting Komentar

 

ADVERTISEMENTS

Subscribe Archive News

Segera konfirmasi email anda agar saya bisa mengirimkan Artikel terbaru gratis ke email anda.

Arhive News Merupakan Sebuah Blog Yang dibuat oleh SIAF, tujuannya adalah ingin berbagi informasi terbaru di dunia online, jangan lupa tinggalkan kesan pesan anda di blog sederhana ini salam hangat dari saya.