Sabtu, Agustus 21

0
Tips sahur untuk wanita hamil/menyusui

Sabtu, Agustus 21

Share this history on :

Agar dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik, setiap orang dianjurkan untuk sahur. Terlebih bagi wanita hamil/menyusui. Hakikat sahur adalah sarapan yang berfungsi untuk menghasilkan energi yang akan digunakan sehari nanti. Berikut tip-tip sahur sehat untuk wanita hamil/menyusui:

1. Pilih makanan yang mencukupi 4 sehat 5 sempurna.
Komposisi yang seimbang adalah 50 persen karbohidrat, 30 persen protein, dan 10-20 persen lemak. Makanan yang mengandung karbohidrat, misalnya nasi, gandum; makanan yang mengandung protein tinggi umpamanya daging, ayam, tahu/tempe.

2. Usahakan ada sayuran dan buah.
Menu tersebut dianjurkan untuk melancarkan BAB dan menghindari sembelit. Biasanya menu sahur kurang serat sehingga urusan ke belakang jadi tak lancar. Padahal, BAB yang tidak lancar berpotensi menyebabkan gangguan seperti wasir pada ibu hamil.

3. Minum susu sangat disarankan untuk menambah kekuatan.
Tetapi, bila kadar gula darah ibu hamil/menyusui tergolong tinggi, sebaiknya minum susu plain atau boleh ditambah pemanis yang aman/disarankan.

4. Kurangi makanan pedas.
Makanan pedas memang menggugah selera, apalagi untuk sahur. Tapi ingat, makanan yang terlalu pedas tidak disarankan untuk ibu hamil/menyusui. Kalaupun ingin makanan yang pedas, sebaiknya tidak berlebihan.

5. Minum suplemen.
Jangan lupa minum suplemen (bila memang ada suplemen yang harus diminum) dan perbanyak minum air putih.

6. Jangan makan terburu-buru.
Sebaiknya, makan sahur tidak dilakukan terburu-buru. Konsekuensinya, ibu harus bangun lebih awal. Apalagi untuk ibu menyusui, pastikan si kecil dalam keadaan kenyang sehingga tidak terbangun/menangis saat ibunya makan sahur.



0 comments:

Posting Komentar

 

ADVERTISEMENTS

Subscribe Archive News

Segera konfirmasi email anda agar saya bisa mengirimkan Artikel terbaru gratis ke email anda.

Arhive News Merupakan Sebuah Blog Yang dibuat oleh SIAF, tujuannya adalah ingin berbagi informasi terbaru di dunia online, jangan lupa tinggalkan kesan pesan anda di blog sederhana ini salam hangat dari saya.