Sabtu, Agustus 6

0
Cara Mudah Mengetahui Ciri-Ciri Madu Asli dan Palsu

Sabtu, Agustus 6

Share this history on :

Madu sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan, Penelitian medis modern telah membuktikan bahwa madu mengandung glukosa, vitamin, fosfor, kalsium, serta dapat membantu fungsi sistem saraf, yang mengontrol peningkatan nafsu makan dan membantu cepat tidur.

Karena manfaatnya yang banyak tersebut, maka madu sering diburu untuk dikonsumsi. Bersamaan dengan itu pula pemalsuan madu pun kian marak terjadi.. demi memperoleh untung yang besar para penjual madu yang curang memalsukan madu dengan cara mencampur madu asli dengan bahan-bahan lainnya misalnya fruktosa sintetis, glukosa sintetis, syirup, gula dan lain-lain


Berikut Ciri -ciri Madu Palsu yang harus anda ketahui :

  • Jika diteteskan pada kertas maka akan mudah terserap, karena mengandung banyak air
  • Jika dikocok maka tidak akan membentuk gas/uap air
  • Jika diaduk dengan telur maka tidak terjadi gumpalan dan rasa telur seperti biasa
  • Jika dijatuhkan kedalam gelas yang berisi air maka madu palsu akan menyebar tidak ada yang jatuh ke dasar gelas ( tenggelam )
  • Jika dipanaskan madu palsu tidak berbau gosong

Bagaimana ciri-ciri Madu Asli tapi Rusak ?
Yaitu jika madu tersebut telah mengalami fermentasi / perubahan madu menjadi alkohol (etanol) yang ditandai dengan: adanya suara berdesis jika tutup botol dibuka (bergas), kemasan menggembung, madu berbusa banyak. Pada kasus kerusakan madu yang parah, madu tersebut akan meleleh keluar sendiri ketika tutup botol dibuka atau bahkan bisa meletus sendiri karena tekanan gas / alkohol pada madu rusak tersebut.

Madu sangat encer (kadar air 23 – 30 % ), berbau tidak segar/ tidak enak karena fermentasi, rasa berubah menjadi lebih kecut yang tidak normal, rasa kurang lezat dan terlalu panas di tenggorokan karena efek alkohol yang berlebihan pada madu.
Sekedar menambahkan,salah satu merek madu yang dijual dipasaran dengan kemasan ketika saya mencoba mengetes keasliannya dengan memasak kuning telur dengan madu tsb,ternyata madu tersebut asli.Walaupun begitu,madu tersebut tidak 100% alami karena telah ditambahkan berbagai zat untuk menjaga kualitas madu.Nah,jika sobat pembaca ingin mendapat madu asli,saya sarankan untuk sendiri mencarinya di hutan(ngelawak).Semoga info ini bermanfaat.


0 comments:

Posting Komentar

 

ADVERTISEMENTS

Subscribe Archive News

Segera konfirmasi email anda agar saya bisa mengirimkan Artikel terbaru gratis ke email anda.

Arhive News Merupakan Sebuah Blog Yang dibuat oleh SIAF, tujuannya adalah ingin berbagi informasi terbaru di dunia online, jangan lupa tinggalkan kesan pesan anda di blog sederhana ini salam hangat dari saya.