Minggu, Oktober 30

Cara Membentuk Otot Perut

Minggu, Oktober 30

Share this history on :

Siapa yang tidak ingin memiliki tubuh sehat dengan otot perut kencang. Perut kencang dan badan sehat membuat seseorang terlihat lebih menarik dan percaya diri. Namun, tidak semua orang dapat menemukan cara membentuk otot perut yang baik dan sehat. Membentuk otot perut membutuhkan waktu cukup lama.

Perut memang hanya memiliki satu bagian otot panjang, namun otot tersebut mempunyai 3 bagian lain yang mesti diperhatikan dalam usaha pembentukan dan pengencangan otot. Pada perut bagian atas, bawah, dan samping, terdapat dua sisi yang disebut six pack. Otot yang terbentuk menjadi sixpack inilah indikasi suksesnya pembentukan otot perut Anda.

Otot Perut Cermin Kesehatan Tubuh

Otot perut yang terbentuk baik akan mencerminkan kesehatan dalam tubuh Anda. Perut menjadi salah satu organ tubuh penting dalam sistem pencernaan. Bila sistem pencernaan terganggu, entah karena sembelit atau terdapat timbunan lemak, akan berimbas pada bentuk perut yang agak membesar dan tidak beraturan. Pola makan dan kurangnya olah raga menjadi penyebab utama.

Minum Air Putih
Dengan melakukan gaya hidup sehat, Anda akan mempersingkat waktu pembentukan otot perut. Mulai Anda bangun pagi, usahakan minum 8 gelas air sebelum melakukan aktivitas di pagi hari. Pergilah keluar rumah untuk menghirup udara segar. Rasakan sinar matahari yang muncul pada pukul 6 atau 7 pagi. Sinar matahari pagi dapat membantu mengaktifkan vitamin D dalam kulit yang berguna juga dalam pencernaan.

Sit Up
Lakukan pemanasan sebentar ditambah dengan sit up 10 hingga 20 kali setiap pagi yang dilakukan secara rutin agar otot perut menjadi kencang. Pada saat sit up, tarik napas saat bergerak naik. Lalu, hembuskan napas saat perlahan bergerak turun. Perhatikan pula porsi makan, kurangi yang berlemak dan terlalu banyak mengandung bahan pengawet.

Tempat Fitness
Lebih baik lagi jika Anda melakukan olah raga dalam rangka pembentukan otot perut di tempat fitness. Di sana, Anda akan bertemu instruktur yang akan membantu menjelaskan program apa yang cocok dengan kondisi tubuh Anda. Yang terpenting, jangan pernah menganggap latihan pembentukan otot perut itu akan berlangsung dengan cepat.

Target Anda mungkin perut yang sixpack. Namun, sesuaikan dengan kondisi tubuh. Sampai pada tahapan mana Anda mampu. Latihan ini dapat dilakukan dua hari sekali atau sekitar 2-3 kali dalam seminggu.

Olah Napas
Bernapas dengan benar saat melatih otot perut perlu diperhatikan. Hal ini dilakukan untuk menghindari kesalahan fungsi otot yang seringkali menyebabkan otot punggung menjadi sakit dan posturnya menjadi melengkung. Ketika melakukan latihan di atas matras, jangan terlalu meratakan atau membengkokkan punggung.

Buat otot punggung serileks mungkin agar tarikan yang Anda lakukan pada perut tidak membebani punggung dan bahu. Lakukan latihan sit up dengan benar. Saat posisi tubuh naik, tarik napas dalam-dalam semampu Anda dan hembuskan perlahan saat tubuh mulai turun. (anneahira.com)



 

ADVERTISEMENTS

Subscribe Archive News

Segera konfirmasi email anda agar saya bisa mengirimkan Artikel terbaru gratis ke email anda.

Arhive News Merupakan Sebuah Blog Yang dibuat oleh SIAF, tujuannya adalah ingin berbagi informasi terbaru di dunia online, jangan lupa tinggalkan kesan pesan anda di blog sederhana ini salam hangat dari saya.