Sabtu, Juni 14

0
Orang Tua Kampung

Sabtu, Juni 14

Share this history on :

Silsilah hitam putih setangkup tanah kampung kami kini melapuk dan tersobek sedikit demi sedikit. Ingin rasanya kujahit kembali sobekan itu.

Keinginan itu terpenggal ketika pewaris-pewaris kampung berebutan menggerogoti silsilah tua itu dan bersukaria menyobeknya kecil-kecil berperca-perca.

Dari sesobek perca silsilah lusuh, kusempatkan diri mengeja selantun maklumat yang dipermaklumkan agar kampung utuh lestari, terwaris tunai dan terpusakakan bagi anak cucu ke anak cucu. Setangkup tanah kampung janganlah dijual, digadai, dicerai-berai. Setangkup tanah kampung adalah anugerah tumpah darah, adalah persemaian cinta bermula dan berakhir, adalah rindu dendam, gebalau impian dan harapan-harapan. Setangkup tanah kampung adalah rumah satu jiwa.

Jauh berkalang masa, Orang-orang Tua Kampung telah membajikkan diri untuk berbijak tak berbatas waktu agar kesahajaan kampung tetap terkampung. Delapan Orang orang Tua Kampung menyebar di delapan punjuru mataangin di batas-batas pertapakan kampung. Mereka ikhlas diri menjaga, merawat dan selalu mendoa-selamatkan kampung dari segala bala-petaka.

Beratus tahun silih berganti Orang-orang Tua Kampung itu berteguh kukuh, satupadukan niat dan tekad mengutuhlestarikan kampung. Dengan segala kelemahan di usia tuanya, Orang-orang Tua kampung tetap berkampung di kampung. Agar darah kampung tetap terpercik membakar hutan kampung supaya ia selalu hijau, mengental di lumpur sawah agar padi tumbuh subur, menetes ke sungai agar alir gemercik berkilau jernih, menyisir di semilir angin biar rezeki menebar di atap-atap rumah penghuni kampung. Orang-orang Tua Kampung sungguh tua bijaknya hingga kampung tetap kampungan.

Suatu ketika kampung terbanting. Itulah pertanda mangkatnya Orangtua Kampung penjaga dua penjuru batas kampung Utara dan Tenggara. Kampung oleng tak indah lagi. Bencana datang silih berganti. Pengganti Orangtua Kampung tak ada lagi. Penghuni kampung hilang kendali. Mereka rasakan hidup tak berkah lagi. Hidup mereka tak berkah lagi!

Tinggallah kini enam Orang Tua Kampung penjaga sisa-sisa usia kampung. Amat berat beban keselamatan kampung yang harus mereka pikul di usia mereka yang sudah sangat tua. Memang banyak penghuni kampung yang menua. Tetapi walaupun tua mereka tak bisa dituakan. Apalagi dijadikan Orang Tua Kampung, untuk memikul sekeranjang tanggung jawab kelanggengan kampung. Sungguh sangat sekarat masa depan kampung, yang tak lagi memiliki Orangtua Kampung.

Dalam satu mufakat yang sembunyi-sembunyi digelar di ruang belakang sebuah warung kopi, beberapa pemuka kampung, setelah menghabisklan bergelas-gelas kopi, akhirnya bersepakat mengusulkan beberapa tawaran untuk mempertahankan keberadaan kampung.

Kita harus berani berspekulasi seru seorang tokoh pemuda.

Berspekulasi? Kok, berspekulasi? tanya tukang becak.

Aneh! Apanya yang dispekulasi? Apa ini dagang? cemooh seorang cukong.

Heh, dengar dulu. Yang dispekulasikan adalah Orang Tua Kampung. Kita harus menyewa Orang Tua Kampung sebelah untuk bersedia menjadi Orang Tua Kampung kita.

Terus? tanya pemuka adat.

Ya, kita sudah memiliki Orang Tua Kampung lagi, kan?

Iyalah. Tetapi dampaknya apa? Indikatornya apa? Strateginya bagaimana? damprat seorang pekerja di LSM lokal.

Lho? Lho!?

Berhari-hari mereka bermufakat dan tak selesai-selesai. Kemudian berbagai mufakat lain juga digelar oleh penghuni-penghuni kampung dalam bentuk yang lain dan di tempat yang lain lagi. Mereka semua bersibuk diri mencari sosok pengganti Orang Tua Kampung yang telah mangkat. Dalam hiruk pikuk pencarian itu mereka buka kembali silsilah kampung. Mereka telisik kembali asal usul dan jejak sejarah kampung. Mereka terperangah ketika ada yang tak berkenan di hati mereka. Lalu dengan geram mereka sobek-sobek lagi silsilah itu. Mereka salahkan kembali Orang Tua Kampung, yang tak meninggalkan penerus Orang Tua Kampung.


0 comments:

Posting Komentar

 

ADVERTISEMENTS

Subscribe Archive News

Segera konfirmasi email anda agar saya bisa mengirimkan Artikel terbaru gratis ke email anda.

Arhive News Merupakan Sebuah Blog Yang dibuat oleh SIAF, tujuannya adalah ingin berbagi informasi terbaru di dunia online, jangan lupa tinggalkan kesan pesan anda di blog sederhana ini salam hangat dari saya.