Rabu, Juli 30

0
ENAM LANGAKH EFESIEN MENJAGA KESEHATAN MATA

Rabu, Juli 30

Share this history on :


Mencegah lebih baik daripada mengobati. Daripada mata anak mengalami penurunan fungsi penglihatan, ada baiknya kita memperhatikan kesehatan mata anak dengan cara:
1. Batasi Bermain Game

Bermain game boy, playstation, xbox, dan sejenisnya membuat mata anak bekerja lebih keras, karena harus mengejar kecepatan pergerakan. Orang yang bekerja pada video display terminal (VDT) saja, kerja matanya sudah 2,5-4 kali lebih berat daripada baca tulis biasa. Bisa dibayangkan dengan bermain game selama berjam-jam. Dalam jarak dekat pula. Jika ini terjadi pada bola mata anak yang sedang berkembang, maka efeknya bisa memengaruhi pertumbuhan bola matanya. Nantinya, bukan tidak mungkin anak membutuhkan kacamata. Itulah mengapa, batasi waktu bermain game hanya 30 menit saja sehari. Selanjutnya anak diminta mengistirahatkan matanya, melihat taman, ikan di kolam, dan melakukan aktivitas lainnya.

2. Atur Penerangan Ruangan

Saat beraktivitas, entah itu membaca, menonton teve, bermain komputer, dan lain-lain, pastikan penerangan di ruangan cukup. Beraktivitas di dalam ruangan redup akan mengakibatkan kelelahan mata. Cahaya terlalu terang juga tidak baik buat mata. Bila di dalam ruangan, atur cahaya matahari lewat krei yang ada di jendela. Pun letakkan lampu di atas kepala. Saat menggunakan komputer aturlah pencahayaan sehingga nyaman saat digunakan anak. Jika perlu, gunakan filter buat monitor. Minta juga kepada anak agar mengistirahatkan matanya setiap beberapa puluh menit sekali. Utamanya saat bermain game atau bermain di komputer, karena pada saat itu mata berkedip lebih sedikit dari biasanya. Caranya dengan menutup mata beberapa detik untuk kemudian membukanya kembali.

3. Atur Jarak Menonton

Menonton teve terlalu dekat juga dapat membuat mata cepat lelah, bahkan dalam jangka panjang dapat menurunkan fungsi penglihatan. Atur jarak menonton kurang lebih 3 meter, atau 5 kali lipat lebar diagonal layar kaca.

4. Pakailah Kacamata Pelindung

Dalam aktivitas tertentu seperti liburan di pantai atau berenang, gunakan kacamata yang tepat. Di pantai, misalnya, gunakan kacamata yang dapat menyerap setidaknya 98% radiasi ultraviolet. Hal yang sama dilakukan saat mengajak anak naik motor. Berikan teladan oleh orangtua. Termasuk saat melakukan pekerjaan rumah seperti mengebor. Di negara maju, masyarakat terbiasa menggunakan kacamata pelindung saat beraktivitas seperti memaku.

5. Konsumsi Makanan Bergizi

Nutrisi sangat penting untuk menunjang kesehatan mata. Beberapa survei membuktikan, vitamin dan kelompok antioksidan dapat mencegah, atau setidaknya memperlambat degenerasi pada fungsi mata. Itulah mengapa, antioksidan seperti vitamin A, C, E, dan B2 jangan sampai terlewatkan dari menu sehari-hari. Konsumsi vitamin C setidaknya 100 mg dalam sehari. Konsumsi juga sayuran yang kaya dengan vitamin A. Vitamin tersebut dapat kita konsumsi dari sayur-sayuran berwarna hijau seperti bayam, daun singkong, dan sawi. Pun hati, kuning telur, atau Air Susu Ibu (ASI) untuk si kecil. Jika tidak, kita bisa mengonsumsi makanan itu dari makanan yang sudah difortifikasi atau diperkaya dengan vitamin A. Buat balita, ada kapsul vitamin A dengan dosis tinggi.

6. Periksa Mata Secara Rutin

Selain karena indikasi, periksa mata anak secara rutin. Minimal enam bulan sekali. Banyak tes yang dilakukan untuk mengukur fungsi mata anak, seperti tekanan bola mata, deteksi kelainan, dan lain-lain. Dengan cara itu, segala kelainan atau perubahan pada mata dapat secepatnya tertangani.

ATASI GANGGUAN SEHARI-HARI

Banyak gangguan mata yang dapat dialami anak sehari-hari. Berikut di antaranya:

1. MATA PERIH

Gangguan ini bisa dialami anak saat bermain terlebih di luar ruangan ketika mata anak terpapar debu, pasir, atau partikel kecil lainnya. Mata perih juga dapat dialami anak yang terlalu lama beraktivitas di dalam ruangan seperti menonton teve, bermain game, membaca dengan kondisi pencahayaan kurang atau terlalu terang. Cara mengatasi mata perih ini adalah dengan mengistirahatkan mata. Melihat dedaunan yang hijau, pemandangan indah, atau tidur.

Waspada jika:

Mata perih disertai merah dan belekan. Ada kemungkinan bibit penyakit telah "mampir" ke mata anak. Segera periksakan ke dokter mata untuk pemeriksaan lebih lanjut.

2. MATA MERAH

Sebagian besar gangguan mata merah tidak berbahaya. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan mata menjadi merah, di antaranya kurang tidur, bermain di depan komputer terlalu lama, terkena angin dan debu, sabun, kelilipan, dan lain-lain. Jadi, tidak selamanya mata merah disebabkan oleh penyakit mata (konjungtivitis). Mata merah ini umumnya akan memudar seiring dengan pertambahan waktu, tidak menimbulkan belekan, tidak membengkak, dan dapat mereda sendiri setelah beristirahat.

Waspada jika:

Beberapa anggota keluarga, tetangga, atau teman menderita penyakit mata merah. Itu bisa menjadi indikasi mata merah sudah jadi wabah. Hati-hati juga jika mata merah itu diiringi rasa gatal, ada rasa yang mengganjal, mengeluarkan air mata, dan semakin lama warna merah pada mata semakin bertambah. Juga jika disertai dengan pembengkakan, mata rapat dan banyak kotoran mata seusai terbangun. Ini menjadi indikasi penyakit mata merah atau konjungtivitis. Pengobatan mata merah ini tidak bisa dilakukan sendiri, melainkan harus dengan bantuan dokter. Penyebabnya bisa karena bakteri, jamur, atau bahkan reaksi alergi.

3. MATA GATAL

Mata gatal bisa diakibatkan oleh beberapa hal. Bisa karena mata kemasukan debu atau partikel lain. Bisa juga karena alergi. Ada cara untuk mengetahui, apakah mata gatal disebabkan gangguan alergi seperti alergi debu, alergi angin, sinar matahari, dan lain-lain. Salah satunya dengan membalikkan mata, saat gatal biasanya terlihat bintil-bintil kecil pada mata. Karena itu, gunakan kacamata sebagai pelindung setiap beraktivitas di luar ruangan. Ketahui juga pemicu reaksi alergi lainnya seperti makanan atau minuman.

4. MATA BELEKAN

Mata belekan bisa terjadi karena beberapa hal seperti terkena debu dan lelah. Jika ini terjadi, belekan biasanya sedikit dan akan hilang dengan sendirinya.

Waspada jika:

Jika jumlah kotoran mata sangat banyak. Semakin hari kotoran mata semakin banyak dan lengket. Pun disertai perih dan gatal. Ini merupakan tanda penyakit radang konjungtivitis. Jumlah kotoran mata akan lebih banyak sewaktu bangun pagi karena semalaman kelopak mata tertutup. Dengan demikian, suhu mata sama dengan suhu badan. Padahal, biasanya suhu mata lebih rendah karena penguapan air mata. Ini jelas menjadi tempat yang menyenangkan untuk berkembangbiaknya kuman, sehingga menimbulkan peradangan lebih berat.

DETEKSI KELAINAN MATA

Ada beberapa cara untuk mendeteksi kelainan mata, di antaranya, lihatlah, adakah perubahan pada posisi kepala saat anak me- ngamati sesuatu. Posisi kepala yang aneh itu merupakan indikasi ada yang salah dengan mata anak. Ini karena anak sedang mencari posisi yang enak untuk mengamati/membaca. Pada posisi lurus, kedudukan mata seharusnya berada di tengah, jika tidak, segera periksa ke dokter. Atau anak sering mengeluh pusing, terlihat bayangan saat melihat sesuatu, sering memicingkan mata, mengerutkan dahi, sering menggosok-gosok dahi, membaca dalam jarak sangat dekat, kerap menabrak sesuatu, dan lain-lain. Namun, yang lebih akurat melakukan pemeriksaan adalah dokter mata. Dengan alat medis yang lengkap dan modern, pemeriksaan pun bisa dilakukan dengan lebih akurat.

Harus diingat, reaksi alergi merupakan manifestasi klinis yang dapat menggganggu semua sistem tubuh dan organ tubuh anak. Organ tubuh atau sistem tubuh tertentu mengalami gangguan atau serangan lebih banyak dari organ lain. Mengapa berbeda, hingga saat ini belum banyak terungkap. Gejala tergantung dari organ atau sistem tubuh, bisa terpengaruh bisa melemah. Jika organ sasarannya paru bisa menimbulkan batuk atau sesak, bila pada mata, maka mata menjadi gatal, berair, dan merah.


0 comments:

Posting Komentar

 

ADVERTISEMENTS

Subscribe Archive News

Segera konfirmasi email anda agar saya bisa mengirimkan Artikel terbaru gratis ke email anda.

Arhive News Merupakan Sebuah Blog Yang dibuat oleh SIAF, tujuannya adalah ingin berbagi informasi terbaru di dunia online, jangan lupa tinggalkan kesan pesan anda di blog sederhana ini salam hangat dari saya.