Selasa, Agustus 12

0
Membuat File PDF Tanpa Memakai Acrobat

Selasa, Agustus 12

Share this history on :


Dengan menggunakan beberapa program gratis, Anda dapat dengan mudah file PDF dari file Word tanpa harus perlu menghabiskan hampir US$300 untuk mendapatkan full version dari Adobe Acrobat. Program itu adalah Ghostscript, suatu program gratis yang tersedia untuk semua macam sistem operasi.

Ghostscript dapat membuat file PDF dari file PostScript. PostScript adalah bahasa pemrograman page-description yang dikenali hampir semua jenis printer, dan ini biasanya adalah format dari file Anda ketika Anda mencetaknya ke printer.

Dari Word, Anda dapat mencetak dokumen Anda ke file bukan ke printer. Format file yang akan terbentuk akan berupa file PostScript jika driver printer yang Anda gunakan adalah printer yang mendukung PostScript. Hal ini berarti Anda dapat menggunakan program Ghostscript untuk membuat file PDF dari file itu.

Untuk memeriksa apakah printer Anda mendukung PostScript, coba cetak sebuah dokumen pendek ke file (pilih dari menu File>Print dan centanglah kotak Print to file), kemudian bukalah file itu dengan program text editor seperti Notepad. Meskipun Word akan memberinya ekstensi .prn, file tersebut akan sama dengan file PostScript. Ciri dari file PostScript adalah isi dari baris pertamanya (ketika dibuka dengan Notepad) selalu dimulai dengan karakter %!PS dekat bagian atas dari file.

Jika Anda tidak punya printer yang mendukung PostScript, jangan khawatir sebab banyak driver printer yang disediakan oleh pembuat printer. Sebagai contoh driver printer dari Hewlett-Packard. Karena untuk mencetak ke file hanya memerlukan driver-nya, maka Anda tidak perlu printer sesungguhnya.

Begitu Anda meng-install printer PostScript atau driver printer, Anda langsung akan bisa menggunakan Ghostscript, Ghostview dan GhostWord untuk membuat file PDF dari file Word.

Untuk mendapatkan Ghostscript secara gratis anda dapat men-download-nya dari situs Universitas Wisconsin. Anda juga bisa men-download GSview untuk membuka file PostScript.

Memakai GhostWord

GhostWord adalah tampilan Ghostscript yang jadi satu dengan Word. Program ini akan menambah tombol toolbar dari Word. Gunakan fasilitas ini untuk merubah dokumen Word yang sekarang aktif langsung ke file PDF.

Ada juga dapat menjalankan fasilitas ini di luar Word. Bahkan GhostWord punya tampilan untuk menerima input secara command-line. Anda bisa mendapatkan secara gratis di sini. (cnet/cax)





0 comments:

Posting Komentar

 

ADVERTISEMENTS

Subscribe Archive News

Segera konfirmasi email anda agar saya bisa mengirimkan Artikel terbaru gratis ke email anda.

Arhive News Merupakan Sebuah Blog Yang dibuat oleh SIAF, tujuannya adalah ingin berbagi informasi terbaru di dunia online, jangan lupa tinggalkan kesan pesan anda di blog sederhana ini salam hangat dari saya.