Selasa, Agustus 12

0
Mengatasi 'Error' Pada Word Dari 'File Template'

Selasa, Agustus 12

Share this history on :


Terkadang masalah-masalah yang timbul saat kita menjalankan Microsoft Word seperti toolbar hilang, sering hang secara tiba-tiba atau Word bereaksi aneh bisa disebabkan juga karena file template yang rusak. Word ketika dijalankan akan secara otomatis memanggil normal template dan fungsi tambahan lain yang ada di folder startup.

Untuk mengatasinya berikut langkah-langkahnya:

1. Jalankan Word tapi tanpa memanggil template apapun. Caranya jalankan Word dari menu Start > Run dan ketikkan winword.exe /a kemudian tekan enter. Jangan lupa harus ada spasi sebelum /a. Word akan dijalankan tanpa memanggil global template dan fungsi tambahan lain serta Normal.dot. Jika masalah teratasi berarti masalahnya terletak pada file Normal.dot dan lanjutkan ke langkah nomor dua. Jika masalahnya masih ada, langsung saja ke langkah nomor 7.

2. Tutup Word.


3. Gunakan fasilitas Windows untuk menemukan file Normal.dot. Klik pada bagian kosong pada taskbar dan tekan F3 untuk menampilkan window Search. Pastikan Anda mencari di primary hard drive dan Include Subfolders tercentang. Ketikkan Normal.dot pada baris nama dan klik tombol Search.

4. Tergantung pada versi Windows Anda, Normal.dot mungkin berada di folder yang tersembunyi.

5. Jika sudah ditemukan, rename-lah Normal.dot jadi Normal.old.

6. Jalankan kembali Word. Ketika Anda menghapus atau rename file Normal.dot Anda maka Word akan membuat file yang baru berdasarkan setting standar. Jika semua masalah teratasi maka memang masalahnya karena file Normal.dot Anda rusak. Jika masih belum lanjutkan ke langkah ke tujuh.

7. Jika masalah bukan terletak pada normal template, maka kemungkinan masalah ada pada global template dan fungsi tambahan lainnya. Untuk mengetahuinya pergilah ke startup folder Word Anda. Biasanya ada di C:\Documents and Settings\username\Application Data\Microsoft\Word\Startup.

8. Pindahkan semua isinya dari folder itu.

9. Tutup Word dan coba masukkan lagi satu per satu isi startup folder . Kemudian jalankan kembali Word, tes apakah ada error dan kemudian tutup lagi. Ulangi untuk isi startup folder lainnya. Jika error-nya muncul, Anda akan mengetahui fungsi tambahan mana yang menjadi penyebab error tersebut dan bisa meng-install-nya kembali. (cnet/cax)



0 comments:

Posting Komentar

 

ADVERTISEMENTS

Subscribe Archive News

Segera konfirmasi email anda agar saya bisa mengirimkan Artikel terbaru gratis ke email anda.

Arhive News Merupakan Sebuah Blog Yang dibuat oleh SIAF, tujuannya adalah ingin berbagi informasi terbaru di dunia online, jangan lupa tinggalkan kesan pesan anda di blog sederhana ini salam hangat dari saya.