Senin, Januari 11

0
Diet sembarangan bisa bikin pikun

Senin, Januari 11

Share this history on :

Beberapa pola diet ternyata dapat mempengaruhi memori yang tersimpan dalam otak. Dalam sebuah penelitian baru dari Universitas Tufts menyatakan, kelebihan berat badan pada wanita biasanya bisa membuat resah. Untuk itu, rata-rata wanita melakukan diet rendah kalori atau rendah karbohidrat untuk mengurangi bobot tubuhnya.

Tapi, menurut American Dietetic Association, pola diet ini justru bisa menyebabkan kerja memori otak Anda memburuk. Kesimpulan tersebut berdasarkan penelitian yang dilakukan selama 3 minggu.

"Bahan bakar utama otak adalah glukosa," kata Holly Taylor, Ph.D., psikolog kognitif di Tufts dan pemimpin penelitian pada studi. Makan makanan kaya karbohidrat, biji-bijian, buah-buahan, sayur adalah cara yang paling efisien untuk menjaga pasokan glukosa otak.

Tetapi, tubuh hanya dapat menyimpan satu atau dua hari kandungan glukosa. Tetapi, lemak dan protein dapat menjadi sumber bahan bakar cadangan otak, meski demikian lemak dan protein tidak memberikan glukosa yang diperlukan untuk mempertahankan kekuatan kilmaks otak.

“Kinerja memori kembali normal ketika responden diminta kembali konsumsi karbohidrat pada minggu kedua studi," kata Taylor. Sepotong buah atau seperempat dari roti, cukup bisa mengembalikan memori seseorang.

Satu studi, diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition pada 2007, menunjukkan diet yang tetap makan karbohidrat bisa membuat daya kerja otak lebih baik dibandingkan diet rendah karbohidrat.

Untungnya, semua tidak semua diet bisa mengurangi kekuatan otak. Diet rendah kalori yang seimbang mungkin bisa mengurangi risiko menurunnya kerja otak.

Intinya, berhati-hatilah melakukan diet rendah karbohidrat. Jika ingin menurunkan bobot tubuh, Anda tetap disarankan mendapatkan asupan karbohidrat.

Dalam sehari tubuh membutuhkan 130 gram karbohidrat. Porsi ini berguna untuk memaksimalkan kebutuhan glukosa dalam tubuh agar otak bisa berfungsi maksimal. Karbohidrat itu bisa Anda peroleh dari secangkir bubur gandum, apel, dua iris roti gandum utuh dan ¾ cangkir pasta masak.


0 comments:

Posting Komentar

 

ADVERTISEMENTS

Subscribe Archive News

Segera konfirmasi email anda agar saya bisa mengirimkan Artikel terbaru gratis ke email anda.

Arhive News Merupakan Sebuah Blog Yang dibuat oleh SIAF, tujuannya adalah ingin berbagi informasi terbaru di dunia online, jangan lupa tinggalkan kesan pesan anda di blog sederhana ini salam hangat dari saya.