Rabu, Januari 6

0
Solusi Spam Comment buat Blog Wordpress

Rabu, Januari 6

Share this history on :

Pada postingan terakhir mengenai Spam Comment, saya menjanjikan solusi buat para Blogger Wordpress agar terbebas dari Spam Comment. Jika kalian baca pada banyak postingan blog-blog lain mereka menyarankan menggunakan Akismet dan Captcha. Captcha memang baik, tapi ada kelemahannya, demikian juga akismet. Tapi jangan khawatir nanti saya akan jelaskan solusi spam comment buat Blog Wordpress ini.

Sebelum dibahas solusinya baiknya kita bahas dulu kelemahan dari 2 plugin diatas. Kelemahan Captcha adalah seringkali orang menjadi malas mengkomentari artikel posting karena harus mengisi captcha segala. Apalagi jika mereka harus login dulu sebelum memberi komentar, pasti tambah malas lagi. Sedangkan kelemahan akismet adalah seringkali akismet salah pilih orang yang dianggap spam. Akibatnya ada orang yang tidak bermaksud spam, tapi dianggap spam sehingga comment yang seharusnya masuk, langsung dihapus oleh akismet.

Saya menunjukkan kelemahan Captcha dan Akismet bukan berarti saya tidak mendukung captcha, dan akismet karena saya sendiripun keduanya. Lepas dari kelemaha yang saya sebutkan di atas, kedua plugin ini tetap yang terbaik untuk melawan spam comment.

Solusi Spam Comment buatBlog Wordpress

Bagi yang tidak pernah lihat captcha saya, jangan heran, karena saya menggunakan plugin khusus untuk menyembunyikan captcha saya. Saya pakai Conditional Captcha. Cara kerjanya Conditional Captcha ini adalah dengan menyembunyikan Captcha pada comment-comment yang dianggap bukan spam, kemudian menampilkannya hanya pada comment yang dianggap spam oleh Akismet. Jadi kalau pakai plugin ini harus sekalian memasang akismet. Sementara captcha yang dipakai pakai ReCaptcha tapi jangan gunakan plugin recaptcha, tapi daftar langsung di websitenya kemudian pasang kodenya di setting conditional captcha aja, supaya dak kebanyakan plugin aktif.

Sampai saat ini, Inilah solusi yang terbaik yang saya temukan untuk mengatasi Spam Comment. Semoga bisa membantu anda



0 comments:

Posting Komentar

 

ADVERTISEMENTS

Subscribe Archive News

Segera konfirmasi email anda agar saya bisa mengirimkan Artikel terbaru gratis ke email anda.

Arhive News Merupakan Sebuah Blog Yang dibuat oleh SIAF, tujuannya adalah ingin berbagi informasi terbaru di dunia online, jangan lupa tinggalkan kesan pesan anda di blog sederhana ini salam hangat dari saya.