Sabtu, Agustus 21

0
Agar Rambut Tetap Alami

Sabtu, Agustus 21

Share this history on :

Memiliki rambut sehat dan alami (virgin hair) pasti menjadi impian kebanyakan perempuan. Apalagi jika bisa mempertahankan rambut panjang tanpa kerusakan, dan selalu tertata rapi. Jika Anda berhasil mendapatkan kembali rambut yang alami, sebaiknya mulai konsisten menjaganya.

1. Hindari penggunaan bahan kimia dan alat elektronik untuk rambut
Penggunaan hair dryer, catok, atau bentuk alat elektronik lain yang dianggap solusi praktis tata rambut, menjadi penyebab kerusakan rambut. Sebaiknya, lakukan cara sederhana seperti hanya menggunakan handuk untuk mengeringkan rambut. Lalu, biarkan rambut kering alami.

Selain itu, pewarnaan yang terlalu sering atau rebonding juga menjadi sumber masalah lain yang membuat rambut terkontaminasi bahan kimia. Pertahankan rambut alami Anda jika ingin tetap sehat.

2. Perawatan sederhana dengan shampo dan kondisioner
Anda tak perlu biaya mahal untuk mendapatkan rambut sehat dan tertata rapi. Jika memilih produk perawatan rambut yang tepat dan mengaplikasikannya dengan baik, Anda terhindar dari bad hair day selamanya.

3. Perlakukan rambut dengan lembut
Menurut dr Jasmine Karsono, Principal Scientist, Hair Care Communication Idea P & G, menjaga rambut perawan membutuhkan perlakuan sederhana yang tepat.

"Sebaiknya hindari mengikat rambut karena bisa membuatnya pecah-pecah. Jangan juga terlalu sering disisir, cukup sisir dengan jari saja," jelasnya usai peluncuran New Pantene Recharging Fluid Pro-V Formula di West Mall Grand Indonesia, Jakarta, baru-baru ini.

Menggunakan bandana atau jepit rambut juga membuat rambut mudah rusak. Jadi, memang sebaiknya rambut perawan digerai saja jika ingin tetap terlihat alami.

4. Kurangi menyisir rambut
Menyisir rambut tak perlu terlalu sering. Cukup lakukan setelah mencuci rambut dengan sisir bergigi jarang dan sebelum tidur. Di antara waktu itu, sisirlah rambut dengan jari Anda.

5. Teknik mencuci rambut yang baik
Anda tentu berpengalaman mencuci rambut ke salon. Perhatikan cara penata rambut membersihkan rambut Anda. Kira-kira seperti itulah cara yang baik. Jangan mencuci rambut dengan menggosok-gosokkan dan menarik bagian bawah ke atas dan sebaliknya.

"Semakin berlipat rambutnya maka akan semakin kusut, dan rambut menjadi rapuh. Sebaiknya cuci dan bilas rambut dengan kedua tangan menjepit rambut," kata dr Jasmine.

6. Lakukan pijatan perlahan
Memijat kulit kepala sebagai bagian membersihkan rambut tak perlu terlalu kencang. Lakukan perlahan dan tak perlu lama. Total waktu mencuci rambut sekitar tiga menit saja.

7. Cara menggunakan shampo dan kondisioner
Saat mengaplikasikan shampo, lakukan mulai dari kulit kepala menuju batang rambut dengan cara seperti dijelaskan di atas. Sebaliknya, jika menggunakan kondisioner, aplikasikan mulai dari bawah (batang rambut) menuju ke bagian atas rambut.

Penata rambut ternama, Alfons, mengingatkan, jika kulit kepala berminyak sedangkan batang rambut (bagian bawah) pecah atau kering, sebaiknya kondisioner difokuskan pada bagian bawah saja. Anda tak perlu mengaplikasikan kondisioner ke seluruh bagian rambut atau kulit kepala.


0 comments:

Posting Komentar

 

ADVERTISEMENTS

Subscribe Archive News

Segera konfirmasi email anda agar saya bisa mengirimkan Artikel terbaru gratis ke email anda.

Arhive News Merupakan Sebuah Blog Yang dibuat oleh SIAF, tujuannya adalah ingin berbagi informasi terbaru di dunia online, jangan lupa tinggalkan kesan pesan anda di blog sederhana ini salam hangat dari saya.