Senin, Desember 5

2
Ini Dia Tanda Alami Tubuh Kurang Serat

Senin, Desember 5

Share this history on :

Serat pada makanan dikenal memiliki manfaat yang cukup signifikan bagi tubuh manusia. Bahkan, manfaat mengkonsumsi serat di dalam bidang kesehatan sudah dikenal sejak 1970. Serat makanan sebenarnya adalah bahan yang menyusun dinding sel tanaman yang biasanya terdapat dalam tumbuh-tumbuhan.
Banyak kasus yang membuktikan bahwa orang yang sering mengkonsumsi serat jarang mengalami sakit. Makanan yang berserat dalam prosesnya akan diserap oleh saluran pencernaan. Ada dua macam serat yang biasa dikenal dalam dunia kesehatan yakni serat yang larut dalam air dan serat yang tak larut dalam air.
Nah, jika Anda kurang asupan buahm sayur, dan biji-bijian, maka ada baiknya Anda berhati-hati karena kekurangan serat makanan bisa menimbulkan potensi penyakit jantung, kanker, dan sebagainya. Ada empat tanda utama yang perlu diperhatikan saat Anda kekurangan serat.
  1. Sembelit
Indikasi sembeli bisa dilihat dari kurangnya Anda melakukan buang air besar dalam seminggu serta feses keras dan kering. Selain itu, sembelit juga bisa muncul karena kurang olahraga dan pengaruh obat-obatan yang dikonsumsi. Untuk mengantisipasi hal ini, ada baiknya Anda mulai sering mengkonsumsi apel, wortel, brokoli, dan biji-bijian secara bertahap. Kelima makanan di atas memiliki kandungan serat yang bagus. Selain itu, upayakan untuk banyak minum air dan berolahraga secara teratur.
  1. Berat badan bertambah
Serat membuat Anda cepat kenyang tapi dengan kualitas nyaman. Bila Anda tidak mengalami perasaan itu, ada baiknya Anda mulai mengkonsumsi serat sebanyak 25-35 gram sehari.
  1. Fluktuasi kadar gula
Penyakit-penyakit seperti diabetes melitus dan sulit mengontrol kadar gula darah, salah satu faktor pemicunya tiada lain adalah kurang serat. Untuk mengantisipasinya, tambahkan beberapa produk segar dan makanan tinggi serat ke dalam diet Anda.
  1. Mual terkait dengan diet
Konsumsi kalori yang sebagian besar diperoleh dari makanan tinggi protein atau rendah karbohidrat tidak hanya menaikkan kolesterol, tapi juga membuat Anda lemah, mual, dan lelah. Karena itu, tingkatkan asupan serat dan kuangi makanan berlemak.
Nah, sekarang Anda sudah tahu bagaimana mengetahui apakah tubuh Anda sudah cukup dipenuhi oleh serat-serat makanan atau belum. Jika ada salah satu indikasi di atas yang sering Anda alami, ada baiknya Anda segera memperbanyak konsumsi serat pada makanan Anda dan segera konsultasikan dengan dokter-dokter terdekat.

2 comments:

Anonim mengatakan...

Info nya Manarik...........

Unknown mengatakan...

Sepp.............

Posting Komentar

 

ADVERTISEMENTS

Subscribe Archive News

Segera konfirmasi email anda agar saya bisa mengirimkan Artikel terbaru gratis ke email anda.

Arhive News Merupakan Sebuah Blog Yang dibuat oleh SIAF, tujuannya adalah ingin berbagi informasi terbaru di dunia online, jangan lupa tinggalkan kesan pesan anda di blog sederhana ini salam hangat dari saya.